Selasa, 13 November 2012

makalah sarana dan prasarana pendidikan

makalah sarana dan prasarana pendidikan

Oleh : Agus Nasrullah

PENDAHULUAN
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Sholawat dan Salam tercurah kepada nabiyullah Muhammad SAW. Semoga kita mendapat suafaat nya di yaumul kiyamah nanto.
Pemeliharaan sarana dan prasarana sangat penting dalam dunia pendidikan, karena dengan adanya pemeliharaan maka sarana dan prasarana akan dapat di gunakan dengan jangka waktu yang lebih lama, selain itu juga pemeliharaan sarana dan prasarana bertujuan agar tercipta suatu kondisi yang kondusif, nyaman dan aman dalam proses pembelajaran.
Selain pemeliharaan, maka perlu juga adanya penghapusan sarana dan prasarana dalam pendidikan yang mana dianggap tidak layak untuk di gunakan karena factor usia maupun karusakan.
Oleh karena itu, maka dalam hal ini akan di bahas tentang pengawasan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yang meliputi pengertian, urgensi, tujuan dan penghapusan sarana dan prasarana yang meliputi tujuan penghapusan, syarat-syarat penghapusan serta cara-cara penghapusan sarana dan prasarana pendidikan.


DAFTAR ISI
COVER………………………….............……………………………………………………
PENDAHULUAN………………………………………………………...……………………
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………

PEMBAHASAN
PENGAWASAN DAN PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA
  1. Pengertian Pengawasan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana………………………………
  2. Urgensi Pengawasan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana……………………………………
  3. Tujuan pengawasan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana………………………………………
PENGHAPUSAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN
  1. Pengertian Penghapusan Sarana dan Prasarana Pendidikan…………………………………………
  2. Tujuan Penghapusan sarana dan Prasarana Pendidikan……………………………………………
  3. Syarat-syarat Penghapusan sarana dan Prasarana Pendidikan………………………………………
  4. Cara Penghapusan sarana dan Prasarana Pendidikan………………………………………………
KESIMPULAN DAN PENUTUP………………………………………………………………………
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………………………

 MAKALAH SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN
“PENGAWASAN DAN PEMELIHARAAN”
  1. A.      Pengertian
Sarana dan prasarana sangat penting dalam dunia pendidikan karena sebagai alat penggerak suatu pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan dapat berguna untuk menunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam suatu lembaga dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Prasarana dan sarana pendidikan adalah salah satu sumber daya yang menjadi tolok ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup canggih.

Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah kegiatan  untuk melaksanakan pengurusan dan pengaturan agar semua sarana  dan prasarana selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan  secara berdayaguna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan pendidikan. Pemeliharaan merupakan kegiatan penjagaan atau  pencegahan dari kerusakan suatu barang, sehingga barang tersebut  kondisinya baik dan siap digunakan. Pemeliharaan mencakup segala  daya upaya yang terus menerus untuk mengusahakan agar peralatan tersebut tetap dalam keadaan baik. Pemeliharaan dimulai dari  pemakaian barang, yaitu dengan cara hati-hati dalam menggunakannya. Pemeliharaan yang bersifat khusus harus  dilakukan oleh petugas yang mempunyai keahlian sesuai dengan  jenis barang yang dimaksud.[1]

  1. B.      Urgensi
Urgensi dari pemelliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah agar tercipta nya kenyamanan dan keamanan dalam proses pengajaran serta memberi makna penting bagi terciptanya dan terpeliharanya kondisi sekolah yang optimal

  1. C.      Tujuan pengawasan dan Pemeliharaan
Pemeliharaan sarana dan prasarana menjadi tanggung jawab satuan pendidikan yang bersangkutan serta di lakukan secara berkala dan berkesinambungan.[2]

Adapun tujuan pengawasan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah :
  1. Untuk mengoptimalkan usia pakai peralatan. Hal ini sangat penting terutama jika di lihat dari segi biaya karena membeli peralatan akan jauh lebih mahal daripada menjaga atau memelihara.
  2. Untuk menjamin kesiapan operasional  peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga di peroleh hasil yang optimal.
  3. Untuk menjamin ketersediaan peralatan yang di perlukan melalui pengecekan secara rutin.
  4. Untuk menjamin keselamatan orang atau siswa yang menggunakan peralatan tersebut.[3]

Adapun manfaat pemeliharaan sarana dan prasarana adalah :
  1. Jika peralatan terpelihara baik, umurnya akan awet yang berarti tidak perlu mengadakan penggantian dalam waktu yang singkat.
  2. Pemeliharaan yang baik mengakibatkan jarang terjadi kerusakan yang berarti biaya perbaikan dapat ditekan seminim mungkin.
  3.  Dengan adanya pemeliharaan yang baik, maka akan lebih terkontrol sehingga menghindar kehilangan.
  4. Dengan adanya pemeliharaan yang baik, maka enak dhlihat dan dipandang,
  5.  Pemeliharaan yang baik memberikan hasil pekerjaan yang baik.[4]

“PENGHAPUSAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN”
  1. Pengertian
Penghapusan sarana dan prasarana merupakan kegiatan pembebasan sarana dan prasarana  dari pertanggungjawaban yang berlaku dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Secara lebih operasional penghapusan sarana dan prasarana adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk mengeluarkan/menghilangkan sarana dan prasarana dari daftar inventaris, kerena sarana dan prasarana tersebut sudah dianggap tidak  berfungsi sebagaimana yang diharapkan terutama untuk kepentingan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.[5]
Penghapusan sebagai salah satu fungsi manajemen sarana dan prasarana pendidikan persekolahan harus mempertimbangkan alasan-alasan normatif tertentu dalam pelaksanaannya. Oleh karena muara berbagai pertimbangan tersebut tidak lain adalah demi efektivitas dan efisiensi kegiatan persekolahan.

  1. Tujuan
Adapun tujuan penghapusan sarana dan prasarana sekolah adalah :
  1. Mencegah atau membatasi kerugian yang lebih besar
  2. Mencegah terjadinya pemborosan biaya
  3. Membebaskan lembaga dari tanggung jawab pengamanan
  4. Meringankan beban inventarisasi.[6]

  1. Syarat-syarat
Ada beberapa alasan yang harus diperhatikan untuk dapat menyingkirkan atau menghapus sarana dan prasarana. Beberapa alasan tersebut yang dapat dipertimbangkan untuk menghapus sesuatu sarana dan prasarana harus memenuhi sekurang-kurangnya salah satu syarat di bawah ini.
  1. Dalam keadaan sudah tua atau rusak berat sehingga tidak dapat diperbaiki atau dipergunakan lagi.
  2. Perbaikan akan menelan biaya yang besar sehingga merupakan pemborosan.
  3. Secara teknis dan ekonomis kegunaannya tidak seimbang dengan besarnya biaya pemeliharaan.
  4. Tidak sesuai lagi dengan kebutuhan masa kini.
  5. Penyusutan di luar kekuasaan pengurus barang (misalnya barang kimia).
  6.  Barang yang berlebih jika disimpang lebih lama akan bertambah rusak dan tak terpakai lagi.
  7. Dicuri, terbakar, musnah sebagai akibat bencana alam.[7]

  1. Cara penghapusan
Adapun cara atau prosedur penghapusan sarana dan prasarana dapat di lakukan dengan :
  1. Kepala sekolah mengelompokkan barang-barang yang akan di hapus dengan meletakkan di tempat yang aman namun masih di lingkungan sekolah.
  2. Menginventarisasi barang yang akan di hapus dengan mencatat jenis dan tahun pembuatan barang tersebut.
  3. Kepala sekolah mengajukan usulan penghapusan dan membentuk panitia  penghapusan yang di lampiri data barang yang akan di hapus ke kantor dinas pendidikan.
  4. Setelah SK penghapusan terbit, panitia memeriksa kembali barang yang akan di hapus dan membuat berita acara pemeriksaan.
  5. Begitu selesai melakukan pemeriksaan, panitia mengusulkan penghapusan barang-barang yang terdaftar di dalam berita acara pemeriksaan. Dalam rangka itu, biasanya da pengantar dari kepala sekolah lalu di teruskan ke kantor pusat.
  6. Setelah mendapat surat keputusan dari pusat,  maka segera di lakukan penghapusan . penghapusan tersebut bias di lakukan dengan dua cara yaitu di musnahkan atau di lelang.[8]

KESIMPULAN DAN PENUTUP
Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa perlu adanya pengawasan serta pemeliharaan sarana dan prasarana agar dapat meminimalisir keluarnya biaya dan agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Semoga bermanfaat. Amiin
 
DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa, 2006. Kurikulum yang di Sempurnakan pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar, bandung : PT. Remaja Rosdakarya
http://larasatidian.files.wordpress.com/2011/06/sarana.pdf
http://www.scribd.com/doc/72384835/21/A-Hakikat-Pemeliharaan-Sarana-dan-Prasarana-Pendidikan
http://www.scribd.com/doc/61741239/17/Pemeliharaan-Sarana-dan-Prasarana-
http://kikoryu05.blogspot.com/2010/04/manajemen-sarana-dan-prasarana.html




[1] http://larasatidian.files.wordpress.com/2011/06/sarana.pdf di unduh pada hari Minggu Tanggal 14 Oktober 2012
[2] Mulyasa, 2006. Kurikulum yang di Sempurnakan pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar, bandung : PT. Remaja Rosdakarya halm. 43
[4] http://larasatidian.files.wordpress.com/2011/06/sarana.pdf di unduh pada hari Minggu Tanggal 14 Oktober 2012
[7] http://kikoryu05.blogspot.com/2010/04/manajemen-sarana-dan-prasarana.html di unduh pada hari senin tanggal 15 oktober 2012
[8] http://www.scribd.com/doc/61741239/17/Pemeliharaan-Sarana-dan-Prasarana- di unduh pada hari Minggu Tanggal 14 Oktober 2012

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar