Selasa, 13 November 2012

OBAT ANTI GALAU

OBAT ANTI GALAU

Oleh : Agus Nasrullah
(Mahasiswa STAIL Surabaya)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saudaraku……
Rasa galau memang sering dan bahkan selalu datang menghampiri kita, tidak perduli datang kepada yang muda atau yang tua, laki-laki atau perempuan, kaya atau miskin. Perasaan galau itupun muncul oleh adanya berbagai sebab, seperti di tinggal pacar bagi yang pacaran, gak punya uang, dan lain sebagainya.
Saudaraku…
Ketahuilah….!!! Allah telah menjamin untuk menghilangkan rasa galau itu dari diri kita. Saiudaraku, tahukan anda obat galau tersebut?
Saudaraku……
Allah SWT telah memberikan petunjuk pada kita agar rasa galau yang ada pada diri kita hilang dan berganti dengan ketenangan, oleh karena itu disini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana kita mengobati rasa galau tersebut.
Rasa galau yang ada akan hilang dengan dua hal, yakni TAQWA dan TAWAKKAL
Allah SWT memberi jaminan empat hal bagi mereka yang bertaqwa dan bertawakal, sebagaimana firman-Nya dalam surat At-talaq
“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. ”Barang siapa bertaqwa kepada kepada Allah, niscaya Allah akan memudahkan segala urusannya” (Q.S Ath-Thalaq : 1-4)”.
Pertama, Allah Memberi jalan keluar, dalam hal ini jika kita bertaqwa dan bertawakkal kepada Allah semata, maka Allah akan memberikan jalan keluar bagi setiap permasalahan yang sedang kita hadapi
Kedua, Allah memberi rizki dari arah yang tidak terduga, jika kita bertaqwa dan bertawakkal, maka Allah akan memberi kita rizki yang tidak disangka-sangka, jadi bagi saudara yang mungkin memiliki kekurangan finansial, jangan pernah bersedih dan jangan pernah putus asa dari rahmat Allah, iringilah kerja anda dengan do’a dan tawakkal hanya kepada Allah semata, insya Allah, Allah akan memberi rizki yang terkadang tidak pernah kita duga sebelumnya. Pernahkan saudara mengalaminya?
Ketiga, Allah akan mencukupkan keperluannya, dan jika kita bertaqwa dan bertawakkal maka Allah akan menjamin dengan mencukupkan keperluan kita, Allah akan memberikan keberkahan dari setiap rizki yang kita dapatkan. Oleh karena itu, Allah selalu memberi kecukupan dalam arti sesuai dengan keperluan dan kebutuhan bagi kita.
keempat, Allah akan memudahkan segala urusannya. sebagaimana dalam firman-Nya ”Barang siapa bertaqwa kepada kepada Allah, niscaya Allah akan memudahkan segala urusannya” (Q.S Ath-Thalaq : 4).
Saudaraku…..
Jika Allah telah memberi kita jalan keluar dari setiap permasalahan yang sedang kita hadapi, memberi rizki dari arah yang tidak terduga, dan mencukupkan segala keperluan kita, serta memudahkan segala urusan kita, apakah kita akan masih merasa galau? Tentu tidak saudara, jika keempat hal diatas ada pada kita, maka rasa galau/risau itupun akan hilang dan berganti dengan kebahagiaan dan ketenangan.
Sebagai catatan, tawakkal bukan berarti tidak mau berusaha, tapi tawakkal adalah menyerahkan segala sesuatunya hanya kepada Allah setelah kita melakukan sebuah usaha.
Saudaraku…..
Semoga ilmu yang sedikit ini bermanfaat bagi saya, anda, dan saudara-saudara kita yang lain serta umat seluruh alam. Amiin. Wallahu a’lam.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar